Video Pengunduran Diri Paus Ditandai Petir

Posted by

Petir menyambar Basilika Santo Peter (Foto: EPA)

VATIKAN - Ada yang menarik ketika Paus Benediktus ke-XVI mengumumkan tanggal pengunduran dirinya. Petir menyambar kubah Basilika Santo Peter di Vatikan, sesaat setelah paus mengeluarkan pengumuman yang mengejutkan dunia.

Senin malam 11 Februari lalu, langit di Vatikan memang gelap. Selain itu petir juga menyambar kubah, yang muncul setelah Paus membuat pernyataan mundur secara resmi pada 28 Februari mendatang.

Munculnya petir itu sangat mengejutkan banyak pihak, seperti halnya pengumuman dari Paus. Berbagai pihak menafsirkan bermacam-macam dari sambaran tersebut. Warga Vatikan petir itu adalah sebuah pertanda.

Keputusan mundur dari paus ini, merupakan yang pertama kalinya dalam 600 tahun terakhir. Paus sebelumnya yang memutuskan mundur dari jabatannya adalah Paus Gregory ke-XII pada 1415 silam. Saat itu Paus Gregory memutuskan untuk mundur, untuk mengakhiri perpecahan yang terjadi.

Belum ada kandidat pasti pengganti paus yang dahulu sempat tergabung dalam pasukan NAZI tersebut. Namun ada perkiraan bahwa pengganti dari Paus Benediktus kemungkinan besar berasal dari negara dunia ketiga, termasuk Afrika dan Amerika Selatan.

Beberapa nama yang mencuat beberapa waktu terakhir, antara lain Kardinal Peter Turkson dari Ghana dianggap sebagai kandidat potensial dari Afrika. Kandidat lain yang potensial datang dari Amerika Latin yakni, Uskup Agung Sao Paolo, Brasil, Kardinal odilo Pedro Scherer.

Tetapi pada dasarnya sudah ada ritual khusus untuk memilih Paus. Proses tersebut berlangsung secara tertutup di Kapel Sistine di Vatikan. Di tempat itu sekira 117 kardinal yang berusia di bawah 80 tahun, akan melakukan pemilihan paus pada konklaf bulan depan.

Ingin melihat video petir yang menyambar Basilika Santo Peter? Klik disini.


25_Writing Updated at: 10:00 PM

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya...

Powered by Blogger.