STAN ( Sekolah Tinggi Akuntansi Negara )

Posted by

Keuntungan dan Kelebihan Kuliah di STAN
Kali ini adalah post ketiga saya sore hari ini , dan mengapa saya memilih memposting ini ? Mungkin sekarang sudah memasuki tahap semester ke 2 dimana kakak yang sudah kelas XII sudah akan mempersiapkan melanjutkan pendidikan mereka lagi dan mereka mungkin pernah kepikir sama sekolah yang satu ini yaitu STAN . Dan berikut postingan yang saya berikan agar bija menjadi pertimbangan untuk kakak" sekalian dan semoga ini bermanfaat .

 Dibawah ini sejarah STAN yang bisa secara lengkap anda lihat di Wikipedia :

Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) adalah pendidikan tinggi kedinasan di bawah Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, yang menyelenggarakan pendidikan Program Diploma Bidang Keuangan (Prodip Keuangan). STAN didirikan dengan dasar hukum Keputusan Presiden RI No.45 Tahun 1974 juncto Keputusan Presiden RI No.12 Tahun 1967 serta dengan landasan hukum Peraturan Menteri Keuangan RI No.1/PMK/1977 tanggal 18 Februari 1977.
Program studi yang diselenggarakan oleh STAN untuk lulusan SMU, Madrasah Aliyah dan SMK adalah pendidikan Program Diploma I dan III Keuangan dengan spesialisasi sebagai berikut :
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I / III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi
Sedangkan program studi non-reguler yang diselenggarakan oleh STAN adalah :
  • Prodip IV Keuangan Spesialisasi Akuntansi
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus (Ajun Akuntan Khusus)
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus
  • Program Pendidikan Pembantu Akuntan (PA)
Untuk Prodip I Keuangan lama pendidikannya 1 tahun (2 semester), bertempat di Kampus STAN Jakarta dan di Balai Diklat Keuangan yang terdapat di 8 daerah, yaitu di Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi dan Manado. Untuk Prodip III Keuangan lama pendidikannya 3 tahun (6 semester), bertempat hanya di Kampus STAN Jakarta.
Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak diasramakan. Pendidikan STAN memakai sistem ikatan dinas sebagaimana ditegaskan kembali dalam Keputusan Menteri Keuangan RI No.289/KMK.014/2004 tanggal 14 Juni 2004 tentang Ketentuan Ikatan Dinas bagi Mahasiswa Program Diploma Bidang Keuangan di Lingkungan Departemen Keuangan RI.
Lulusan STAN akan diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan ditempatkan di instansi-instansi dalam lingkungan Kementerian Keuangan RI dan instansi-instansi pemerintah lainnya, baik di pusat maupun di daerah, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kelebihan Kuliah di STAN
Biaya kuliah semakin hari semakin tinggi, hal ini sering menjadi faktor utama mengapa banyak siswa yang baru lulus smu memilih untuk bekerja daripada melanjutkan kuliah. Namun, ada sebagian orang yang mencari alternatif lain seperti sekolah kedinasan. Salah satunya STAN, berikut ada lah keuntungan dan kelebihan kuliah di STAN.

Keuntungan dan Kelebihan Kuliah di STAN

1. Biaya Kuliah Gratis
Kuliah di STAN gak di pungut biaya. Kalo kamu kuliah di PTN atau PTS, pasti banyak biaya yang harus dikeluarkan, apalagi uang pangkalnya, mahal, ckck. bisa sampe ratusan juta kalo lewat jalur mandiri yang di adakan oleh perguruan tinggi tersebut, wow! Nah, kalo di STAN kamu cuma butuh beberapa ratus ribu. itu pun untuk keperluan kita juga.

2. lulusannya bisa langsung ditempatkan sebagai PNS di Depkeu
mungkin karena lulusan STAN berkualitas, sampai sekarang belum ada lulusan STAN yang nganggur. Kalo kamu denger STAN tu dah gak ikatan dinas lagi, itu bener. karena ikatan dinas murni tuh waktu masih kuliah udah dapet gaji. STAN dulu ikatan dinas murni, tetapi sekarang ikatan dinas kalo udah di tingkat III. ?????? maksudnya kalo udah tingkat III STAN, mahasiswa dapet uang saku. walaupun gak seberapa besar, tapi itu jadi tanda ikatan si mahasiswa dengan Depkeu. Walaupun kamu gak lulus di tingkat III, mahasiswa masih bisa ngulang 1 kali. Kalo kamu mikir kuliah di STAN gak ditempatkan di Depkeu lagi??? itu salah besar. Karena mana mau negara yang udah membiayai mahasiswa biar jadi pinter, trus kalo lulus kerjanya di swasta. buang-buang uang donk. Lagian jaman sekarang nyari kerja itu susah. Jadi di tegaskan, lulusan STAN ditempatkan langsung sebagai PNS di lingkungan Depkeu.

3. Sarana dan Prasarana yang memadai
Walopun kuliahnya gratis, bukan berarti fasilitasnya jelek. kampus STAN lumayan luas, yang memiliki 6 gedung untuk kegiatan perkuliahan dan juga 12 gedung administrasi dan 1 gedung olahraga serbaguna. Atau 93 ruang kuliah dengan kapasitas rata-rata 40 mahasiswa yang dilengkapi AC per ruang. Sebagai PTK sarana bagi mahasiswa cukup memenuhi standar. hmm, mungkin STAN gak mampu menyediakan sarana yang 'wah' ya, tapi kan gratis.

Keuntungan dan Kelebihan Kuliah di STAN

4. Beban Perkuliahan yang tidak berat

5. Mendapatkan Uang saku (masih dalam proses)

6. Buku-buku literatur disediakan (dipinjami)

7. Standar kurikulum sudah tinggi (Akuntansi STAN sebanding dengan Akuntansi UI)

Banyak kan keuntungan nya, selain kuliahnya gratis, kita disana dituntut untuk menjadi seorang yang berkualitas, dan ditempatkan juga lagi di DEPKEU.

tapi yang berminat masuk STAN juga banyak sekali, untuk itu butuh belajar keras untuk lolos ujian masuk nya.

semoga info ini bermanfaat bagi yang berminat kuliah di STAN.


25_Writing Updated at: 3:02 AM

0 komentar:

Post a Comment

Jangan lupa komentarnya...

Powered by Blogger.